Monday, August 29, 2011

Cara Menjadi Leader (How To Be A Leader)

Saya tidak bisa mengatakan saya tau cara memimpin dengan sempurna. Tetapi dalam 3 tahun lebih dalam bermain, saya telah memperoleh pengetahuan dari mereka yang sekarang dikatakan pemimpin terkenal dan memimpin suku-suku teratas. Pengalaman saya telah menambah pengetahuan dalam memimpin sejalan dengan waktu, dan saya percaya saya memiliki ilmu yang mungkin dapat membantu para pemimpin lainnya dan mereka yang ingin mencoba memimpin. Dalam guide ini saya akan mendiskusikan peranan dari seorang leader, cara memimpin sukumu, perekrutan dan diplomasi, dan lainnya.

Apakah Leader itu?

Tidak ada jawaban yang pasti. Seorang Leader adalah banyak hal. Seorang Leader dapat menjadi panutan, bahkan mentor. Tetapi umumnya seorang leader adalah orang yang memimpin tentunya. Walaupun seharusnya lebih dari sekedar memberikan perintah. Sukumu adalah keluargamu. Kamu harus menjadi teman mereka, saudara mereka, atau sahabat mereka. Agar anggotamu benar-benar mengikutimu, kamu harus mendapatkan kepercayaan dan penghormatan dari mereka.

Tipe Kepemimpinan

Anda mungkin bertanya-tanya, Tipe kepemimpinan seperti apakah yang harus anda jalankan dalam memimpin suku anda. Well, itu tergantung dari seberapa baik anda dapat menjalankan metode dari tiap sistem. Ada beberapa tipe sistem yang saya miliki di pemikiran saya, dan anda harus memilih satu yang anda rasa paling cocok dengan anda, dan tentunya anggota suku anda.

  1. Diktator : Tidak, bukan maksud kediktatoran dalam dunia nyata, tetapi dalam TW, hampir serupa. Tipe pemimpin ini harus merupakan seorang yang pintar dan tau seluk beluk dunia. Tapi bergantung juga kepada kepercayaan penuh dari anggotanya. Sistem ini mengandalkan solo Duke, dimana ia akan memutuskan semua keputusan untuk suku.
  2. Republik : Sistem ini cocok untuk pemimpin yang masih membutuhkan bantuan untuk memimpin suku. Cocok untuk suku yang berskala agak besar dan menggunakan sistem kepemimpinan untuk menutup lebih banyak pekerjaan dan waktu. Ini lebih sering dikenal dengan Konsul Suku (Council Tribe). Disana akan ada Duke, Co-duke, dan Konsul Baron. Duke akan mendiskusikan masalah dengan Baron dan Baron akan memberikan opini dan pilihan untuk suku.
  3. Demokrasi Terpusat : Sistem ini untuk pemimpin yang menginginkan anggota sukunya memiliki peran sentral dalam menentukan pilihan. Biasanya akan ada seorang pemimpin utama yang akan membuat sebuah pooling dan memberikan beberapa pilihan kepada sukunya. Dalam sistem ini, anda harus memastikan bahwa anggota anda adalah pemain yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan, karena jika suku anda melakukan keputusan yang salah, maka suku anda akan hancur.

Bagaimana Cara Memimpin?

Pertama, mari pikirkan definisi keseluruhan dalam memimpin. Memimpin adalah kemampuan untuk memotivasi dan mempengaruhi orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara yang diinginkan. Jadi, apa artinya? Artinya adalah anda harus memberikan motivasi, anda harus mempengaruhi suku anda agar bekerja keras untuk mencapai tujuan. Saya mempercayai 3 dasar dalam kepemimpinan, yaitu Motivasi, Pengarahan dan Tujuan.


1. Motivasi : Dalam opini saya, ini adalah hal terberat dalam memimpin. Sangatlah mudah dalam memberikan perintah, tetapi anda harus memotivasi suku anda agar mencapai tujuan. Jadi bagaimana caranya memberi motivasi? Ada beberapa cara.

Saat seseorang bekerja dengan keras, mereka umumnya menginginkan timbal balik. Berikanlah insentif atau tujuan (tujuan dapat dikaitkan dengan motivasi) akan memberikan alasan untuk bekerja keras. Tetapi tidak semua orang sama. Anda harus mengetahui cara yang berbeda untuk memotivasi orang yang berbeda. Cara lain untuk memotivasi suku anda adalah melalui tantangan, kompetisi, dan kooperasi. Jika anda dapat menjalankan semua aspek tersebut, maka anda dapat memotivasi suku anda dengan baik.

2. Pengarahan : Pengarahan kasarnya adalah "bagaimana cara untuk" dalam memimpin. Memberikan pengarahan adalah menginstruksikan suku anda, dan memimpin mereka dalam mencapai objektif. Dalam TW, ini termasuk dalam memberikan target, waktu penyerangan, dan lainnya. Pengarahan harus jelas, simple, dan mudah dimengerti. Jangan berbicara panjang mengenai subjek, tetapi langsung kepada poinnya dan bergerak. Anda ingin anggota anda untuk mengerti, bukan untuk pusing membaca dan merespon.

3. Tujuan : Seperti yang sudah saya utarakan, hal ini terkait dengan motivasi. Tujuan adalah "Mengapa" dalam memimpin. Ini adalah insentif, alasan, dan target pencapaian di balik semua perintah anda. Ini sangat penting, karena anda menginginkan suku anda untuk merasa mereka memiliki kontrol dalam mencapai tujuan mereka, dan juga mereka adalah bagian vital dari pencapaian tersebut. Saat memberikan tujuan, anda harus memberikan target yang ingin dicapai dan jelaskan mengapa.

Bagaimana Orang Lain Melihat Anda?

Bagaimana orang lain melihat anda sama pentingnya dengan bagaimana cara memainkan permainan ini. Intinya, bagaimana pandangan, penilaian, dan penghargaan orang lain terhadap anda. Hal ini dapat mempengaruhi berbagai aspek dalam permainan seperti diplomasi, perekrutan, dan bahkan bagaimana suku anda mengikuti anda. Saya akan menjelaskan aspek-aspek yang mempengaruhi bagaimana orang lain melihat anda.

Pengejaan : Ini bukan aspek terpenting dalam dalam kepemimpinan, tetapi ini penting. Pengejaan berpengaruh terhadap 2 hal, bagaimana dunia PK melihat anda, dan bagaimana anggota anda melihat anda. Hal ini memperlihatkan bagaimana pembawaan diri anda. Pengejaan merupakan cara yg baik untuk menunjukkan bahwa anda berpendidikan, memiliki pengetahuan dan mengetahui makna dari tiap kata-kata anda. Bukan berarti seseorang yang tidak mengeja dengan baik berarti tidak berpendidikan, tetapi dia hanya tidak menunjukkan bahwa dia memang berpendidikan.

Dalam dunia nyata dan PK reputasi sangat berarti. Hal ini mempengaruhi bagaimana suku lain memandang suku anda, dan bagaimana mereka akan bersikap terhadap anda. Dalam suku anda, apabila anda tidak dekat dengan suku anda, saya sangat ragu mereka akan mengerti sepenuhnya apabila anda tidak berbicara (mengetik) dengan benar. Saat anda mengetik dengan pengejaan yang baik, maka anda akan memberi semacam aura kepercayaan diri dan pengetahuan. Anggota anda akan merespon anda, dan bergerak berdasarkan hal tersebut. Saya telah melihat seringkali dimana anggota suku menyebut pemimpinnya tidak dapat memimpin dikarenakan cara dia berbicara (mengetik).

Sikap dan Perilaku : Tiap pemimpin yang berbeda memiliki gaya dan perilaku yang berbeda pula. Beberapa sangat dihargai, beberapa juga sangat ditakuti. Jadi sikap seperti apakah yang harus anda miliki sebagai pemimpin? Perilaku anda harus merefleksikan bagaimana suku anda bertindak. Jika anda ingin menunjukkan bahwa suku anda adalah suku yang aggresif, maka anda harus sedikit lebih aggresif di forum. Tetapi anda harus berhati-hati. Bertindak terlalu keras, ataupun terlalu memancing emosi dapat menyebabkan anda kurang dihargai dan juga menciptakan semacam kebencian terhadap anda dan suku anda.

Dalam opini saya, langkah terbaik adalah mengkombinasikan sikap dan perilaku anda dengan bagaimana suku anda bergerak. Bersikaplah menghargai orang lain tetapi tidak segan menggertak. Bersikaplah aggresif tetapi tidak menghina orang lain. Tunjukkan suku anda adalah yang terbaik tidak dengan cara yang negatif, tetapi dengan sikap yang positif.

Memainkan Permainan : Menjadi seorang pemimpin yang hebat bukan berarti anda seorang pemain yang hebat dan sebaliknya. Tetapi menjadi hebat dalam keduanya adalah nilai lebih. Apabila anda dapat memainkan permainan dengan baik, dan saya maksud benar-benar baik, maka orang lain akan lebih menghargai opini anda mengingat anda pasti mengetahui apa yang anda bicarakan.

Sebelum anda belajar memimpin, belajarlah memainkan permainan ini dengan baik dan benar. Sebagai orang nomor 1 di suku anda, maka anda harus tetap "hidup" untuk suku anda. Anda perlu tau bagaimana cara "mencapainya". Melalui proses anda sebagai pemain biasa, anda akan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai harganya, seperti teman dan bahkan ilmu dari seorang pemimpin besar.

Propaganda : Beberapa orang sangat hebat dalam hal, dan beberapa tidak. Ini adalah aspek yang penting terutama dalam mengeluarkan suku anda dari masalah, menciptakan ketakutan terhadap suku anda, dan juga menyebabkan perpecahan di musuh anda. Hal ini terkait juga dengan perilaku anda, dan bagaimana suku anda merepresentasikan dirinya dan mempengaruhi jalannya perang dan tentu saja, suku lain.

Aspek dari sebuah suku yang sukses

1. Recruiting : Pertama dan yang terpenting, perekrutan. Untuk beberapa orang, ini adalah bagian tersulit dari membentuk sebuah suku. Anda akan menginginkan anggota yang solid, tetapi anda tidak tahu harus mulai dari mana. Salah satu cara yang baik untuk memulai sebuah suku adalah dengan mengajak teman anda untuk bergabung. Jika anda sudah prnah memainkan permainan ini sebelumnya, anda akan mendapatkan teman selama bermain. Ajak mereka untuk bergabung dan berkomitmen terhadap suku. Persilahkan mereka untuk membawa teman mereka jika anda menginginkannya. Point lebih dari merekrut teman adalah, sudah ada rasa saling menghargai dan persahabatan yang terjalin di antara kalian.

Baiklah, sekarang orang-orang ingin masuk ke dalam suku anda, jadi siapa yang akan anda rekrut? Bagaimana anda mengetahui kalau dia seorang pemain yang bagus? Cara yang tepat untuk menilai seseorang layak dalam suku anda ato tidak adalah bertanya padanya. Tanya, tanya, dan tanya lagi. Ini memungkinkan player tersebut memberikan beberapa hal untuk anda nilai : Pengetahuan (dalam beberapa aspek), pengalaman di masa lalu, seberapa besar keinginannya untuk bergabung, dan seberapa baik dia merespon terhadap pertanyaan/situasi yang anda berikan. Saya menyarankan buatlah list pertanyaan serius dan padukan dengan beberapa pertanyaan santai, atau lebih baik lagi langsung berbicara dengannya melalui skype. Interview dia, dan pastikan dia orang yang tepat untuk suku anda.

2. Lokasi dan Jumlah :

  • Lokasi : Lokasi sangatlah penting. Anda harus mengetahui siapa akan ada dimana, dan dimana anda menginginkan suku anda berada. Hal ini memungkinkan suku anda untuk bersiap. Tetapi beberapa lebih memilih area yang tidak terlalu kompetitif untuk menambah "chances of survival". Saya menyarankan hal ini kepada suku baru, dengan anggota yang juga baru.
  • Jumlah : Seberapa besarkah suku yang anda inginkan? Itu adalah sebuah pertanyaan yang hanya bisa dijawab sendiri oleh anda dan keinginan anda hanya dibatasi oleh setting dunia. Satu hal yang harus diperhatikan adalah, ada berapa banyak dalam sebuah area. Cobalah untuk membagi arah dan beri interval waktu (untuk suku premade) untuk bergabung, hal ini akan memberikan jarak antar pemain dalam sebuah suku.

3. Diplomasi :Diplomacy: Diplomasi, mungkin, adalah strategi yang paling berpengaruh dalam permainan ini. Yang saya maksud adalah, diplomasi secara langsung mempengaruhi suku anda. Diplomasi dapat secara langsung memberikan anda keuntungan, dan dalam beberapa hal, melindungi suku anda.

Alliansi : Tujuan utama dari diplomasi anda adalah, dengan siapa anda beraliansi. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membentuk alliansi. Apakah suku itu bagus? Apakah memberikan suku anda keuntungan? Apa memberi anda ruang untuk berkembang? Itu adalah pertanyaan utama saat anda akan membentuk sebuah alliansi.

Banyak pemimpin yang tidak berpengalaman akan membentuk alliansi sejak awal sebuah dunia (beberapa minggu pertama). Ini adalah sebuah kesalahan besar. Anda harus mengetahui terlebih dahulu seberapa aktif suku yang akan anda jadikan alliansi anda, dan seberapa hebat mereka. Di awal dunia, ini adalah hal yang hampir mustahil.

Sangatlah penting untuk dipahami, diplomasi dilakukan untuk mendapat keuntungan. Jangan beraliansi dengan sebuah suku hanyak karena rank mereka atau terlihat bagus. Anda ingin beraliansi dengan suku yang akan memberikan keuntungan saat perang, atau juga untuk mengamankan perbatasan. Sebuah contoh, anda sedang berperang dengan sebuah suku, dan pada saat yang sama suku tersebut sedang berperang dengan suku lain. Hal tersebut akan memberikan alasan yang bagus bagi kedua suku beraliansi karena akan menghadirkan sekaligus dua barisan depan bagi musuh anda, membatasi pergerakan pasukan bantuan musuh anda, dan tentu saja menambah masalah bagi musuh anda.

NAP's : Saya ingin meluruskan satu hal disini. NAP hanya berfokus kepada satu hal, yaitu memberikan rasa aman. Maksud saya, saat anda sedang berperang, bukan berarti anda hanyak akan diserang oleh suku yang anda perangi. Banyak suku lain di sekitar anda. NAP dapat digunakan sebagai taktik untuk memastikan anda dapat fokus kepada musuh anda, dan memberikan keamanan kepada perbatasan dan suku anda sendiri.

NAP juga dapat digunakan untuk mengakhiri perang. Terkadang perang sangat monoton, dan mungkin anda menemukan lawan yang sepadan. Terkadang tak apa untuk mundur dan menghentikan perang. Walaupun saya tidak menyarankan ini digunakan setiap saat, tapi terkadang kita membutuhkannya. Ada beberapa hal yang perlu dicatat, seperti keselamatan suku anda sendiri.

Tercekik : Satu hal yang perlu anda ingat saat membentuk alliansi ataupun NAP adalah, suku anda butuh berkembang. Anda tidak ingin membatasi perkembangan suku anda melalui diplomasi. Gunakan diplomasi untuk sisi positif, jangan negatif.

4. Nobling : Saya akan membahas 2 jenis nobling (pendatukan), Inter-tribal nobling (pendatukan dalam kaum sendiri) dan Ekspansi.

Inter-tribal Nobling: Ini adalah subjek paling kontroversial. Banyak opini mengenai hal ini, tapi saat benar-benar dibutuhkan, lakukanlah untuk hal yang positif. Maksud saya, kehilangan pemain/desa karena ketidak-aktifan dan berhenti (bermain) adalah sebuah kehilangan. Tetapi jika anda mendatuk pemain tersebut, kaum anda tidak kehilangan desanya. Ada yang mengatakan bahwa anda tidak akan mendapat apapun dengan melakukan ini, tetapi bukankan anda harus memastikan bahwa desa tersebut tidak lepas dari kaum anda?

0 comments:

Popular Posts