Monday, August 29, 2011

Cara Bertahan di Tahap Awal dan Bertahan di tahap lanjut

Bertahan di tahap awal

Jika seorang pemain kebetulan bertetangga dengan pemain berpengalaman yang agresif, dalam waktu satu minggu atau kurang bisa saja pemain sudah menerima serangan. Serangan pertama biasanya dilancarkan secara tiba - tiba dan pada waktu pemain sedang tidak online, ini akan berakibat pemain kehilangan seluruh pasukan yang dibuat.

Banyak pemain kemudian mengundurkan diri di tahap ini, sangat disayangkan, padahal sebenarnya ada cara dasar bertahan yang cukup baik :
  • Usahakan login sesering mungkin, dan habiskan semua sumber daya untuk pasukan dan bangunan tertentu
  • Bangunlah tembok dan tempat rahasia
  • Tembok akan membunuh beberapa pasukan musuh yang menyerangmu (di tahap awal beberapa pasukan sudah sangat berharga)
  • Tempat rahasia akan melindungi sumber dayamu, sehingga pasukan musuh yang menyerang akan kembali dengan tangan kosong
  • Mengelak (dodge) dari pasukan musuh akan berguna untuk menjaga pasukanmu hidup sampai jumlahnya cukup banyak untuk mencoba menahan serangan musuh

Mengelak merupakan salah satu teknik dasar bertahan. Saat musuh hampir tiba, seranglah sebuah desa barbar dengan seluruh pasukanmu, hitunglah waktunya dan batalkan serangan tersebut agar pasukanmu tiba setelah pasukan lawan tiba di desamu.

Pemain yang memiliki akun premium biasanya membuat script untuk mengelak. Script ini berguna andaikan saat login ternyata 10 detik lagi akan ada serangan musuh tiba di desamu.

Bertahan di tahap lanjut
Pada tahap lanjut yang sering dihadapi adalah rangkaian serangan datuk (biasanya 4 atau 5 serangan berturut dalam 1 atau 2 detik) yang didahului beberapa buah pasukan penyerang berkekuatan sangat besar yang disebut nuklir.

Sebagian pemain memilih untuk membuat banyak desa defensif (desa yang hanya membuat pasukan bertahan saja) kemudian menumpuk pasukan bertahan tersebut di desa yang diserang, tentunya berikut pasukan bertahan dari teman - teman satu kaum.

Taktik ini cukup baik dan banyak dilakukan. Kesulitannya hanyalah jika menghadapi serangan massal saat perang antar kaum, jika wilayah kaum cukup luas dan butuh waktu untuk memindah - mindahkan pasukan bertahan. Pemain yang didukung juga belum tentu rela mengembalikan pasukan pendukungnya begitu serangan selesai, karena takut akan ada gelombang kedua.

Jika akan mengandalkan diri sendiri untuk bertahan, ada beberapa taktik dasar yang dapat dilakukan :


Masih banyak taktik bertahan lain, termasuk taktik tahap lanjut dan penggunaan script untuk membantu memperkirakan isi pasukan musuh yang datang, tapi kami akan mempersilakan rekan - rekan pemain yang lebih berpengalaman dari kami untuk menjelaskannya.

0 comments:

Popular Posts